Wednesday, January 11, 2017

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 semester 2 halaman 30,31 dan 35


Selamat malam, kali ini saya sedang mengerjakan Tugas Bahasa Indonesia semester 2 untuk nomor 4, 5 dan 9


No.
Argumentasi
Referensi
1.
Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia.
Catatan Badan Pusat Statistik
2.
Konon, setiap jengkal ruang (karakter) di surat kabar bernilai bisnis.
Pendapat masyarakat
3.
Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.
 Riset Pariwisata
4.
Semua orang mungkin sepakat bahwa iklan yang berbunyi: Terus terang, … terang terus, misalnya, adalah contoh kreativitas berbahasa yang berestetika tinggi
Pendapat masyarakat
5.
Dalam surat menyurat atau dalam pidato-pidato, misalnya, kalimat yang berbunyi Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih seolah-olah sudah menjadi baku dan dianggap benar.
Surat Penting/ Pidato

(5) Ada dua macam opini, yaitu opini analitis dan opini hortatoris. Tugas kalian adalah membandingkan teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” dan “Tentang Baik dan Benar”. Setelah kalian membaca dengan cermat, apakah masing-masing teks tersebut termasuk teks opini analitis atau hortatoris? Sebutkanlan alasan kalian.

a. Teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” termasuk jenis teks opini Hortatoris.
Alasannya adalah teks opin tersebut berisi beberapa argumentasi yang mana mengarah pada suatu tindakan atau suatu kebijakan yang perlu dibuat.
b. Teks “Tentang Baik dan Benar” termasuk jenis teks opini Analitis.
Alasannya adalah teks opini tersebut menggambarkan suatu konsep atau mnejelaskan mengenai suatu teori yaitu tata cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

(9) Perhatikan secara saksama teks "Menjual Sembari Menjaga Nirwana"  dan "Tentang Baik dan Benar". Apakah kedua teks tersebut adalah artikel opini yang ditulis seorang pembaca atau editorial yang ditulis oleh redaksi media cetak?

a. Teks "Menjual Sembari Menjaga Nirwana" adalah termasuk teks redaksi karena dapat dilihat dari judul dan sumber teks opini tersebut. Teks opini editorial atau lebih dikenal tajuk rencana itu tidak akan mencantumkan nama penulisnya karena mewakili redaksi.
b. Teks "Tentang Baik dan Benar" adalah termasuk opini yang ditulis oleh seorang pembaca karena kita dapat mengetahui penulisnya, yaitu Agus Sri Danardana


Terima kasih telah berkunjung ke blog @hendrysose. Apabila ada salah kata. saya mohon maaf.
Terima kasih atas setiap pengertian Anda. Saya berharap Anda dapat bersikap dewasa dengan meninggalkan komentar yang baik dan bersifat mendukung bukan lain sebaliknya. ^_^


EmoticonEmoticon