Sunday, November 20, 2016

Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Kali ini saya akan berbagi tips menumbuhkan percaya diri. Banyak orang tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan harus selalu bergantung pada orang lain. Dalam hal ini, menumbuhkan kepercayaan diri merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi orang-orang yang ingin meraih kesuksesan. Agar bisa hidup lebih sukses karena percaya pada kemampuan diri sendiri, lakukan 5 tips ini :


  • Berbicara dengan Orang Baru Setiap Harinya

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, maka sikap antisosial merupakan kebiasaan yang buruk untuk jiwa kita. Coba tanyakan pada diri sendiri, seberapa sering Anda merasa hidup sendirian ketika banyak orang mengelilingi Anda? Bila jawabnya sering, bisa jadi Anda merupakan orang yang tidak ingin mencoba mencari cara untuk berhubungan dengan orang lain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, inilah solusi yang harus Anda lakukan. Berbicaralah dengan orang baru setiap harinya untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa takut ditolak dalam berhubungan. Dengan melakukan hal ini, bisa jadi orang yang Anda ajak bicara memberikan tanggapan positif yang mampu membuka tempurung kesendirian yang enggan Anda buka selama ini.






  • Belajar untuk Menolak

Kehidupan sosial kita dibangun dengan berbagai persetujuan dan kata “Ya”, sehingga tampak harmonis dan hubungan berjalan dengan lancar. Tapi keadaan seperti ini tidak akan membuat kepribadian Anda tumbuh dan harus patuh dengan berbagai hal yang tidak disukai. Dengan belajar berkata “tidak” kepada berbagai hal yang tidak disetujui, maka kesempatan untuk berubah akan terbuka.
Perkataan “tidak” pasti akan membuat pihak lain kecewa, tapi hal ini akan memaksa mereka untuk mendengarkan keinginan dan alasan Anda membuat keputusan yang berbeda. Penolakan juga berarti Anda peduli dengan permasalahan tersebut dan memiliki solusi yang lebih sesuai untuk permasalahan tersebut. Dengan mencoba hal ini, Anda akan lebih berani mengemukakan pendapat dengan baik dan menimbulkan rasa saling menghargai satu sama lain.




  • Menulis di Media Online

Setiap orang memiliki suara, setiap orang juga berhak memilih cara mereka untuk berkomunkasi, baik bicara atau menulis. Dengan menulis di media online, Anda akan memberanikan diri mengutarakan pendapat mengenai sebuah masalah atau sekedar menceritakan kehidupan Anda sehari-hari.
Dengan menulis secara rutin, Anda akan merasakan kata-kata yang biasa diucapkan akan mengalir secara alami dalam gaya menulis Anda. Memberikan sensasi kehangatan dalam jiwa dan menumbuhkan kepercayaan diri dengan komentar yang diberikan orang lain terhadap tulisan Anda. Namun tetap pastikan tulisan Anda baik dan tidak mengandung unsur provokatif




  • Ikut Ambil Bagian

Pernahkah anda duduk seharian di sebuah kelompok tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda dimana teman-teman anda berbincang dengan senangnya sementara anda hanya duduk dan hanya menatap minuman saja? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda. Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh teman-teman anda.

  • Ubahlah Suara yang ada Dalam Diri Anda

Kebanyakan dari kita memiliki suara yang ada dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, lemah, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk bisa memperoleh kepercayaan dari dalam diri. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.




Semoga bermanfaat dan menjadikan Anda lebih termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri ^_^

1 comments so far

terimakasih, ini sangat bermanfaat dan membantu


EmoticonEmoticon