Wednesday, November 23, 2016

Tips-Tips Belanja Online secara Aman



Situs belanja daring (online) telah melakukan upaya terbaik mereka untuk melindungi data konsumen, penjahat cyber pun terus berusaha untuk mencuri data pelanggan mereka.
Dengan demikian, penting bagi Anda untuk selalu waspada. Jebakan pertama yang perlu diwaspadai adalah tawaran dan situs internet yang mencurigakan, penjahat cyber selalu mengatur agar jebakannya terlihat asli dan sangat sulit untuk dikenali sebagai jebakan. Berikut Tips Berbelanja Online secara aman :


TIPS BELANJA ONLINE SECARA AMAN
 

  • Gunakan Kartu Kredit Anda

Kartu kredit dapat melacak setiap pembelian yang Anda lakukan, lebih penting lagi, ia dapat menghubungi perusahaan penerbit kartu kredit tersebut apabila ada tagihan yang mencurigakan. Sebagian besar perusahaan kartu kredit akan menghubungi penjual untuk Anda dan membalikan biayanya.

  • Cari HTTPS yang Berwarna Hijau



Pastikan tulisan ‘HTTPS’ berwarna hijau. HTTPS adalah sebuah protokol yang mengenkripsi data Anda ketika dikirim melalui internet. Bila halaman pembayaran (checkout page) yang Anda kunjungi tidak memiliki HTTPS berwarna hijau, diharapkan anda jangan memasukan data pribadi dan finansial Anda. Karena itu bisa jadi Penipuan

  • Perbarui Software

Pastikan bahwa software dan hardware Anda sudah diperbarui atau diupdate. Penjahat cyber kerap mengeksploitasi setiap kelemahan yang ada, yang bisa ditemukan pada perangkat lunak yang telah kadaluwarsa

  • Ketik Sendiri URL-nya

Banyak email jebakan yang menyertakan tautan yang tampak asli dan sulit dikenali sebagai jebakan. Selalu lebih aman untuk mengetik URL sendiri. Hindari meng-klik tautan atau lampiran yang ada pada email promosi.

  • Setia pada Situs yang Anda Percayai

Usahakan selalu agar Anda  membeli di situs belanja online yang diketahui secara umum dan terpercaya. Penjahat siber memiliki beragam cara untuk memancing pembeli untuk membeli melalui situs internet jebakan.


Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda  ^_^


EmoticonEmoticon