Wednesday, November 8, 2017

Jawaban PKN Bab 1 Kelas 10 Kurikulum 2013

HAM -  adalah hak dasar atau hak pokok yang dibawa oleh manusia sejak lahir yang secara kodrat melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat karena merupakan anugerah Allah SWT.




Berikut soal beserta jawaban Uji Kompetensi Bab 1 PKN Kurikulum 2013 :

Soal :

1. Jelaskan apa yang dimaksud HAM. Mengapa sampai saat ini masih terjadi kasus pelanggaran HAM di Indonesia ?
2. Mengapa setiap orang perlu menghormati dan menghargai hak asasi orang lain?
3. Mengapa suatu instrumen hukum diperlukan dalam perlindungan dan penegakkan hak asasi manusia?
4. Jelaskan upaya yang harus dilakukan pemerintah dalam menegakkan HAM di Indonesia?
5. Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam rangka membangun partisipasi masyarakat dalam pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia ?

Jawaban :

1. ➤ Apa yang dimaksud HAM :
Hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang dipunyai oleh seseorang sejak ia dalam kandungan

    ➤ Mengapa sampai saat ini masih terjadi kasus pelanggaran HAM di Indonesia?
Karena rakyat Indonesia masih belum banyak yang memahami tentang mempelajari UU, tidak mengetahui bahwa hak-hak tersebut dilindungi UU, banyak oknum yang melakukan penyalahgunaan wewenang, mayoritas pendidikan masih rendah, kondisi sosial dan ekonomi masih rendah, kondisi sistem politik yang masih memerlukan pemantapan, rule of law masih dalam taraf pengembangan dan penyempurnaan.

2. Setiap orang perlu menghormati dan mengargai hak asasi orang lain karena jika semua orang di dunia tidak menghormati dan menghargai HAM maka mereka sama saja dengan binatang dan manusia sendiri mempunyai HAM yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang wajib dihargai dan dihormati

3. Suatu instrumen hukum diperlukan dalam perlindungan dan penegakan hak asasi manusia karena untuk menjamin proses perlindungan dan penegakan HAM. Kalau tidak ada, maka banyak kasus kriminal yang bisa merusak masyarakat umum.

4. Upaya yang dilakukan Pemerintah dalam menegakkan HAM di Indonesia adalah pembentukan komnas HAM yang bertujuan untuk mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan HAM, melalui Ratifikasi yang maksudnya Indonesia mengesahkan instrumen-instrumen internasional HAM.

5. Kita harus menyadarkan dan memberi penyuluhan kepada masyarakat, khususnya masyarakat di daerah pedalaman akan pentingnya HAM bagi kelangsungan hidup berbangs dan bernegara, karena suatu negara yang terhormat suatu bangsa yang beradab adalah dilihat dari seberapa berhasilnya pemajuan penerapan HAM di dalamnya.





EmoticonEmoticon