Tuesday, December 13, 2016

Jawaban PKN Uji Kompetensi Bab 6 Kelas 12 Halaman 204 Kurikulum 2013

Langsung saja lihat kunci jawaban Uji Kompetensi Bab 6 berikut ini :


Strategi Indonesia dalam Menyelesaikan Ancaman terhadap Negara



1. Pada saat ini ancaman militer yang paling mengancam persatuan dan kesatuan NKRI ialah gerakan-gerakan separatisme, terorisme, konflik yang terjadi antar suku.

2. Pada era globalisasi ini dengan kemajuan teknologi dan informasi(iptek) sangat mudah untuk masuk mempengaruhi ideologi Pancasila dengan ideologi lain, sehingga apabila warga negara tidak punya ketahanan ideologi yang kuat makaakan sangat mudah untuk dipengaruhi melalui berbagai bentuk seperti gaya hidup glamor, perilaku individualisme, mementingkan diri sendiri dsb. Hal inilah yang akan mengancam implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


3. a) Ideologi = dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi Pancasila dan konsep penanganannya ditempatkan dalam kerangka upaya bela negara.
b) Politik = ditentukan oleh kemampuan sistem politik dalam menanggulangi segala bentuk ancaman yang ditujukan kepada kehiidupan politik berbangsa dan bernegara. Melaksanakan kehidupan politik bangsa yang berlandaskan demokrasi Pancasila yang telah mampu memelihara stabilitas politik yang sehat dan dinamis serta mampu melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif.
c) Ekonomi = Penciptaan lapangan pekerjaan padat karya untuk memberantas kemiskinan. Pembangunan infrastruktur, penciptaan iklim usaha yang kondusif, pemilihan teknologi yang tepat. Membangun dan menjaga hubungan dengan negara-negara lain.
d) Sosial Budaya = berusaha memelihara keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam semest, manusia dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

4. Dalam menghadapi ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara TNI/Polri saja tidak cukup mampu karena jumlah personel yang masih terbatas dan wilayah Indonesia sangat luas, jadi perlu adanya peran masyarakat untuk menjaga keamanan dan pertahanan dari segala ancaman dan gangguan baik dari luar maupun dari dalam.

5. Jika terjadi tawuran berusaha untuk melerai atau memisahkan agar tidak terjadi tawuran.
Berusaha untuk tidak ikut terlibat dalam tawuran tersebut karena selain merugikan diri sendiri dan keluarga juga merugikan negara karena adanya kerusakan fasilitas umum akibat tawuran tersebut.



Terima kasih telah berkunjung ke blog @hendrysose. Apabila ada salah kata. saya mohon maaf.
Terima kasih atas setiap pengertian Anda. Saya berharap Anda dapat bersikap dewasa dengan meninggalkan komentar yang baik dan bersifat mendukung bukan lain sebaliknya. ^_^


EmoticonEmoticon