Friday, November 18, 2016

Jawaban PKN Tugas Mandiri 4.2 kelas 12

TUGAS MANDIRI 4.2


No
Jenis Hak Warga Negara
Contoh Perwujudannya
1.
Pasal 27 ayat 2, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”
Masyarakat masih banyak yang tidak mendapatkan pekerjaan layak, bahkan ada yang masih pengangguran. Karena pekerjaan yang tidak layak tersebut, maka banyak juga masyarakat yang akhirnya penghidupannya kurang layak.

2.
Pasal 27 ayat 3, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”
Masih kurangnya kesadaran  warga negara dalam upaya  pembelaan negara.
3.
Pasal 28, “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-Undang.”
Masih banyaknya masyarakat yang kurang berani untuk mengeluarkan suatu pendapat mereka
4.
Pasal 28B ayat 2, “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.”
Masih banyak berita tentang penyiksaan anak dibawah umur, ada yang memaksa anak-anak dibawah umur tersebut untuk berjualan, mengemis, dll. Bahkan yang paling baru ini, tentang tindak pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur.
5.
Pasal 28D ayat 1, “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”
Masih banyak perlakuan-perlakuan yang berbeda di hadapan hukum. Contohnya banyak pejabat-pejabat yang mendapat perlakuan khusus di dalam hukum, sehingga selalu menang dalam suatu persidangan.
6.
Pasal 28D ayat 2, “Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.”
Banyak buruh-buruh yang digaji kurang layak (mendapat upah minimum). Sehingga para buruh tersebut tidak bisa memberikan penghidupan yang layak kepada keluarganya.
7.
Pasal 28E ayat 3, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”
Masih adanya pembatasan dalam mengeluarkan pendapat, meskipun hal tersebut tidak tampak di depan publik. Tetapi ketika di “belakang layar”, orang tersebut mendapat ancaman agar tidak mengemukakan pendapatnya.
8.
Pasal 31 ayat 1, “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.”
Di daerah-daerah pelosok Nusantara, masih jarang berdiri sekolah, jika pun ada, itu tidak layak. Sehingga anak-anak di daerah-daerah pelosok tersebut sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan.
9.
Pasal 32 ayat 1, “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memeliharanya dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”
Masyarakat masih banyak yang menganggap acuh kebudayaan negeri ini, bahkan ada yang sama sekali tidak tahu kebudayaan daerahnya sendiri




lihat juga :

Jawaban Tugas Mandiri 4.1 kelas 12
Jawaban Lengkap PKN kurikulum 2013 Uji Kompetensi Bab 4 kelas 12
Kunci Jawaban PKN Tugas Mandiri 5.1 Kelas 12
Kunci Jawaban PKN Tugas Mandiri 5.2 kelas 12
Kunci Jawaban PKN Tugas Mandiri 5.3 Kelas 12 halaman 155
Jawaban Lengkap PKN Uji Kompetensi Bab 5 Kelas 12
Jawaban PKN Uji Kompetensi Bab 6 Kelas 12 Halaman 204 Kurikulum 2013
Jawaban PKN Kelas 12 Tugas Mandiri 7.1 halaman 212-213 Kurikulum 2013
Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013


EmoticonEmoticon